Arrival of our 3rd child! Hello world!

Thursday, 20 April 2017

20:30

Gue lagi sibuk Whatsapp temen-temen untuk nanya ini itu tentang operasi caesar. Setelah diskusi sama hubby, akhirnya kita memutuskan untuk ke dokter besok dan minta caesar.

21:30

Minum obat induksi ke-7, masih ada obat induksi terakhir, obat ke-8 yang akan gue minum jam5 subuh besok (cerita obat induksi di post ini). Beginilah rencana kita besok (Jumat 21 april). Kayleen & Ashley ada lomba Kartini di sekolah (21 april hari kartini, hehehe). Gue & hubby akan pergi nonton lomba anak-anak dulu paginya, lalu jam10 kita akan ke dokter kandungan untuk nanya kapan dokter bisa operasi caesar. Semakin cepet semakin baik. Karna gue memutuskan untuk gak lanjut induksi dengan infus, langsung caesar aja gak mau pake induksi infus lagi.

22:30

Siap-siapin kostum anak-anak untuk lomba. Lalu tidur malem.

______________
Friday, 21 April 2017

03:15 (kayanya sih, gue ga liat pastinya jam berapa)

Gue bangunin hubby, karna butuh dipegangin ke kamar mandi, mau BAB. Hubby yang lagi tidur nyenyak, geraknya lamban, gue spontan teriak “cepet donk, aku sakit ini mules”. Hubby masih sambil kriyep kriyep menuntun gue ke kamar mandi. Selesai BAB kita segera tidur lagi.

03:30

Lagi-lagi panggil hubby, karena butuh bantuan ke kamar mandi. Gue bilang mau BAB lagi. Sambil masih kriyep kriyep kita ber2 ke kamar mandi. Selesai BAB, gue langsung seger, karna setelah dipikir-pikir kok ini mules kontraksi ya, gue ngecek jam berapa skarang. Tapi karena takut salah sangka, gue gak bilang hubby dan coba untuk tidur lagi. Tuh bayangkan, lahirin 2 anak secara normal aja masi bingung bedain kontraksi kan.

03:40

Tuh kan, dateng lagi mules nya. Akhirnya gue bangunin hubby dan bilang sperti nya ini kontraksi. Hubby langsung seger dan langsung memantau jam.

Kontraksi gue dateng tiap 10 menit, lalu 8 menit. Gak lama setelah ngerasa kontraksi ini teratur. Hubby beresin barang-barang untuk segera berangkat ke RS.

04:30

“Tunggu, aku keramas dulu” di tengah-tengah kontraksi gue menyempatkan diri buat keramas sambil ditungguin hubby. Hubby liat-liat jam, kira-kira udah 7 menit, gue siap-siap jongkok di lantai dan atur napas. Bener aje itungan gue, dateng lagi kontraksi itu setiap 7 menit.

Hubby udah heboh suruh gue cepet-cepet karna kontraksi udah setiap 7 menit. Gue masih santai aja, karna yakin ini juga baru bukaan 1 kali, kata gue sama hubby. Selesai keramas, gue menyempatkan diri ngeblow rambut. Hubby tambah gak sabar karna waktu kontraksi mulai maju jadi 5 menit sekali.

Rencananya kita akan jemput nyokap waktu on the way ke rumah sakit. Sampe saat ini gue masih belum telpon nyokap, gue pikir, tar aja lah jam5 lewat. Kasian nyokap dibangunin pagi-pagi. Ini paling baru bukaan 1, pikir gue.

05:00

Gue telpon bangunin nyokap. Dan ternyata, nyokap udah bangun dengan suara udah seger juga. Dia punya feeling kayanya, wkwkwk…

Selesai ngeblow rambut se ngembang-ngembangnya (cieeee gaya iklan pantene……) hubby mau ambil tas gue. Spontan gue teriak, tunggu, gue belom dandan. Kebayang donk muka suami gue yg melotot… udah panik karna gue mules udah 4 menit sekali, dan istri nya masih ngotot mau dandan, hahahaha… Iyeeee donk, foto abis lahiran itu, biar gimanapun gak bisa disulap jadi cantik lhoooo *cling cling cling* jadi kalo modelnya udah cantiiiik kan gak perlu pake fotoshop, wkwkwkwk…

Finally udah kelar deh, keramas ngeblow dandan. Sambil merayap di tangga nahan sakit menuju mobil.

06:00

Sampe di rumah nyokap. Nyokap suruh turun dulu makan telor. Hubby melotot sambil bilang “ini mulesnya udah 4 menit skali” kebayang gak sih nyokap gue langsung loncat masuk mobil…. Wkwkwk….

Perjalanan ke RS kira-kira 20menit. Sepanjang jalan nyokap ngoceh-ngoceh sama hubby gue. Kok baru jalan sih, cepetan cepet. Nanti lahiran di mobil. Gue udah diem seribu kata, cuma ngeremes remes seat belt sambil nafas huh hah huh hah… Kontraksi mulai berasa makin kenceng, sambil meringis gue ngomong “tenang aja, paling baru bukaan 2”

Sepanjang jalan, nyokap nelpon mertua untuk bantu anterin anak-anak ke sekolah sekalian nonton mereka lomba. Mertua gue kilat langsung siap-siap.

06:30

Sampe lah di RS. Gue dibawa ke ruang bersalin pake kursi roda. Sambilan remes-remes tangan suster yg dorong kursi roda. Masuk ruang bersalin dicek bukaan, yak betul kan gueeee baru bukaan 2. Tapi suster nya ngingetin kalo gue bakal cepet ini lahirannya. Secara histori gue ngelahirin dari anak pertama dan kedua juga kilat, di RS 3-4jam udah lahir.

06:45

Gue dicek lagi. Dan ternyata udah bukaan 4. Kontraksi makin kenceng. Di tengah-tengah kontraksi gue denger hubby di telpon ngecek keadaan anak-anak yang mau lomba Kartini di sekolah. Puji Tuhan semua lancar, anak-anak dianter ke sekolah sama mama mertua. Sebelumnya juga mertua sempet foto anak-anak pake baju cita-cita, sesuai tema lomba. Masih sempet ngecek Whatsapp di tengah-tengah mules.

Lomba Kartini kostum Cita-Citaku

Berlanjut lah kontraksi gue makin kuat, dan makin ga tahan sakit nya. Saat udah bukaan 7-8, gue teriak-teriak minta ILA (anestesi penghilang sakit, mirip bius operasi caesar, tp dosisnya setengah). Para suster, hubby dan nyokap gueeee kompromi di belakang gue, belaga sibuk urus admin untuk ILA, belaga sibuk nelpon sana sini. Ini bidan nya artis kayanya, pinter akting “sus…. Ibu nya minta ILA, segera diurus yaa..”

Dulu gue lahiran anak pertama dan kedua, teriak-teriak minta caesar, diketawain aja sama bidan yg santai ngejawab “ibu udah telat minta operasi, belom selesai saya siapkan ruang operasi, anak ibu udah lahir..”

Skarang gue bener-bener diboongin sama bidan & suami gue. 10 menit berlalu tetep aja tuh ILA kaga dateng… Sampe akhirnya gue sadaaaar bahwa gue diboongin.. Kata bidannya “bu, ini 10 menit lagi lahir, telat ibu minta ILA nya” wkwkwk..

Ini dokter gue kok kaga dateng-dateng ya. Mana gue uda berasa ini kepala debay udah diujung tanduk, disuruh tahan terus “jangan ngeden ya ibu, tunggu dokter nya dateng”. Beuuuh gimana tahan jangan ngeden, nahan kontraksi nya ajeeee gue setengah nyawa.

Tiba-tiba terdengar sayup-sayup suara dokter yg bikin gue sumringah di tengah-tengah kontraksi. Lalu kata bidannya “ayo bu siap-siap ngeden, eeeeh kepala nya uda keluar”. Dalem hati ‘tuh kannn, dokter nya telat dateng’. 2x ngeden, lahir lah anak ke-3.

Mommy & baby Finnegan..

Kira-kira 2 jam perjuangan gue dari sampe RS hingga lahirnya Finn. Andaikan dokter gak macet di jalan, mungkin 90 menit sajaaah sakitnya.. Haizz..
Kupandang Finn pertama kali, buset.. Ini anak gue kok gede ya?? Menurut USG 3kg, biasa nya meleset 10%. Setelah ditimbang ternyataaa berat nya 3,6kg wkwk.. Dulu si cici-cici gak lewat dari 3kg.

3 jam setelah lahiran.. Gak sia-sia kannn gue blow rambut & make up pas lagi kontraksi.. Wkwkwk..
Finn usia 5 jam

Gue kirim foto-foto Finn ke WA mama mertua. Those sisters were thrilled!!! Langsung minta ke RS… Selagi mami nya sibuk lahiran, cici Ashley menang lomba kostum.. Juara 2 hehehe..

Cici Ashley meraih juara 2 kostum kartini saat maminya kontraksi di RS

Conclusion :

  1. Jalan-jalan sampe kaki gempor itu gak bikin cepet lahir, kalo memang belom ada pembukaan.
  2. Kalo memang kondisi debay, placenta & mama nya baik, tunggu debay lahir normal sampe maks 42 weeks.
  3. Kalo udah ga sabar kelamaan ato ga tahan sakit ato bukaan gak maju-maju, yowissss caesar aja laaah.. Sama-sama sehat kok.. Gitu aja kok ribet wkwkwkwk…
Leave a Reply

