Perjuangan menjelang melahirkan anak ke-3

9 bulan hamil anak ke3 ini melelahkan buat gue. Udah sumringah saat menyentuh usia kehamilan 37 minggu. Hilaaaaang senyum di muka gueeee saat 40 minggu kagak mules jugaaaa. Meskipun begitu tetep gue sabar-sabar ajaa (gak sabaaaar sih sebenernyaaa, sakiiiit badan gueee).

Dokter kasi tanggal due date yang kira-kira 39w 2d*. Eh lewat, gak mules juga. Tanggal berikutnya 40w. Eeeeeh lewat juga. Gue mulai stress, saat semua orang nanyain, eh belom lahiran. Stiap kali gue telpon nyokap, loncat dia ngangkat telpon, berharap gue nangis-nangis bilang mules. Belom mules mamiiiiii. 

Sebelum misa minggu Palma, saat orang-orang tanya kapan due date nya, gue jawab santai sebelum Paskah. Saat misa tri hari suci** gue deg-deg an mules saat misa, mobil gimanaaa keluarnya kalo gue mules, parkiran padat merayap gitu. Eeeh dateng hari Paskah, lah belom juga ada tanda-tanda lahiran.

Mulai dari takut lewatin proses lahiran normal (lagi). Sampe udah siaaaap bener buat mules. Sampe gue mulai mikir, I will be pregnant forever. Haizzz…

Selewat Paskah, saat orang-orang tanya, belom lahir jugaa? Gue jawab “debay suruh gue ikut pilkada dulu” saat itu pemilihan gubernur antara Bp. Ahok & Bp. Anies. Meskipun dalam hati berharap, gak usah ikut pilkada deh nak, mami udah sakit bener ini hamil kamu. Eeeh dateng jugaaa itu hari pilkada. Kalah lagiii jagoan gue hikzzz…

Dokter udah menjadwalkan gue minum obat induksi. Menurut dokter obat induksi sangat ringan daripada induksi yang diinfus. Jadi hanya untuk starter mules aja, sisanya badan gue yg kontraksi sendiri. Sedangkan induksi infus terus-terusan di infus untuk menjaga tetep kontraksi. Itu obat 1 tablet dibagi jadi 8x minum untuk 2 hari. Jadi 1 hari minum 4x setiap 6 jam. Saat udah mules, yaa obatnya di stop aja.

Gue minum itu obat udah 4x minum, masih santai aja tuh gak mules. Gue sedih ngebayangin 2 anak lahiran normal, anak terakhir operasi caesar. Keluarga gak mendukung gue induksi pake infus, jadi obat minum induksi harapan terakhir gue sebelum caesar.

Minum obat induksi dalam waktu 2 hari. 8 tablet, diminum 1 tablet setiap 6jam.

Hari ke1.

Gak berasa apa-apa tuh. Gue stress lagi, bukan caesarnya yg bikin stress, tp sayangggg rasanya 2 anak normal yg ke3 operasi juga, haizz..

Hari ke2.

Hari ini (Kamis) hari pertama pameran buku Big Bad Wolf (BBW), yang katanyaaaa VIP. Gampang banget dapet tiket VIP nya cuma daftar member di web BBW. Jadi kebayang doooonk VIP malah rameeee banget duh… Untuk cerita BBW, bisa buka blog temen yaa di sikucingmanis.

Pagi-pagi whatsapp ipar tercinta untuk ikut nebeng ke BSD yang jauhnya kira-kira 2 jam dari rumah gue. Meskipun sang Ipar dan Nadia ragu-ragu bawa gue, si bumil 41 weeks yang lagi minum obat induksi, tapi nekad gue boleh ikut juga wkwkwk.. Dengan berbekal info bahwa ada RS Bersalin Hermina di serpong, berangkat lah kita kira-kira jam9 pagi. Maceeeet.. Baru nyampe ICE BSD jam11:30. Parkir nya jauh pulaaa dari pintu masuknya. Meskipun sakit di bawah situ tuh, karna menahan hamil yg uda makin gede, gue hajar aja jalan sana sini. Kalo gue lahiran kan ini kesempatan trakhir gue ke BBW.

Saat baru sampe dan masih semangat foto

Milih segudang buku yang bikin gue lupa dengan sakit pinggul dan segudang sakit lainnya. Milih buku nya sih cepet, cuma 90 menit.. Ngantri mo bayarnya, ya ampuuuun hampir 4jam. Gue?? Berdiri nungging duduk (di lantai semen) sambil sortir buku supaya gak ngelebihin budget. Saking lama nya ngantri, gue nitip ngantri sama ipar dan tidur sambil duduk di pinggiran.  

Berakhir lah ngantri nya setelah 4 jam. Saat itu udah jam5 sore. Sebelum pulang kita mampir drive through McD. Gue baru inget kalo gue makan trakhir jam8 pagi. Akhirnya bener-bener masuk tol untuk arah pulang jam6:30 sore dan sampe rumah kira-kira jam8 malam. Ipar gue udah ribut sepanjang jalan pulang “Mules gak? Kok ga mules?” kagaaaak, kagak mules..

Nyokap udah ribut nelpon karna anaknya yg hamil tua (41weeks) pergi ke BSD dari pagi sampe malem belom pulang juga. Gue jawab santai, berdoa yaaa mami, semoga capek nya membuahkan hasil lahiran besok.. Wkwkwk..

Malem itu gue ribut Whatsapp temen-temen yang melahirkan dengan operasi caesar. Nanya ini itu, prosesnya, sakit ato gak, pemulihannya dan lain-lain. Si Yaya, temen gue yg punya 2 anak, anak pertama lahiran normal, yg kedua pake induksi vaginal gak berhasil lalu operasi caesar. Yaya meyakinkan gue untuk langsung aja operasi karna induksi lanjutan itu sakitnya luar biasa, apalagi kalo buntutnya harus operasi juga..

Gue masih ada 2x lagi minum obat induksi, sebelum memutuskan setelah itu mau lanjut induksi infus ato operasi. Setelah berkonsultasi sama temen-temen, finally gue memutuskan untuk operasi caesar besoknya (Jumat)………

Lanjuttt, next post

*39 weeks 2 days

** Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci

Leave a Reply

